Saturday, November 21, 2015

Pandangan Realis Dibalik Global Citizen Festival

Global Citizen Festival adalah event musik tahunan yang diselenggarakan oleh Amerika Serikat. Global Citizen Festival ini memiliki tujuan untuk mengkampanyekan misi kemanusiaan. Misi-misi kemanusiaan yang dikampanyekan oleh Amerika Serikat melalui Global Citizen Festival ini antara lain adalah membantu pendidikan anak-anak dinegara berkembang yang mengalami putus sekolah, penanggulangan anak-anak korban genosida di Rwanda, advokasi tentang pernikahan anak usia dini, isu-isu lingkungan seperti isu pergantian iklim, isu kesehatan seperti penanganan ebola di Afrika, dan masih banyak lagi isu-isu kemanusiaan yang dikampanyekan melalui global citizen festival ini. Sehingga panggung Global Citizen nejadi panggung filantropi bagi para musisi, penikmat, dan pencinta musik untuk menggelorakan rasa kepedulian mereka terhadap persoalan global seperti kemiskinan, kesehatan dn lingkungan.
 
Paradigma Realisme merupakan suatu paradigma dalam hubungan internasional yang menganggap bahwa setiap manusia adalah jahat, disetiap tindakan manusia pasti memiliki kepentingan tersendiri. Dalam realisme, negara merupakan aktor terpenting karena dalam persfektif realisme, negara memiliki peran penting karena, dinegara lah semua kebijakan diambil. Dalam realisme, memandang bahwa elemen yang penting yang harus dimiliki suatu negara adalah power dan kekuasaan. Apabila suatu negara tidak memiliki power dia tidak akan memiliki kekuasaan dan segala kepentingan nasional yang diingankan oleh suatu negara tidak akan terlaksana tanpa adanya power.

Global Citizen Festival, apabila dipandang dari segi Realisme, bisa jadi merupakan salah satu diplomasi publik dari Amerika Serikat untuk memperkuat Soft Power mereka. Dalam Global Citizen, menghadirkan artis-artis papan atas kelas internasional seperti Beyonce, Cold Play, Ed Sheeran dan masih banyak lagi untuk menarik minat pengunjung. Karena Amerika pasti memiliki kepentingan untuk melakukan kepentingan nasional mereka. Jadi, global citizen bisa jadi ada mengandung unsur kepentingan nasional dari Amerika Serikat, supaya mereka bisa memiliki self branding sebagai negara yang baik, dengan begitu kepentingan nasional mereka bisa terpenuhi dengan mudah apabila  negara-negara yang memiliki kepentingan nasional Amerika Serikat, dapat dengan mudah mereka laksanakan.

Amerika adalah negara yang memiliki kepentingan nasional yang sangat banyak. Sehinggi Global Citizen sendiri, merupakan salah satu alat dari mereka untuk mendapatkan kepentingan nasional itu, mereka mengambil hati masyarakat dunia melalui kampanye mereka tentang misi kemanusiaan bersama yang mereka canangkan melalui Global Citizen ini. Apabila tidak dicermati dengan seksama, tentu merupakan sebuah jebakan bagi negara yang terkena diplomasi publik Amerika Serikat ini.

Salah satu kepentingan nasional Amerika adalah minyak bumi yang tersebar banyak di negara-negara timur tengah seperti Suriah dan Libya. Dengan mengambil hati masyarakat dari kedua negara tersebut, tentu akses untuk mendapatkan kepentingan nasional Amerika tentunya menjadi lebih mudah. Amerika memerlukan minyak bumi dengan jumlah yang lumayan besar karena mereka memerlukan  minyak tersebut sebagai bahan bakar untuk keperluan militer ataupun harian mereka, selain itu juga mereka memerlukan minyak bumi dalam jumlah banyak sebagai bahan  bakar untuk oprasional pesawat ruang angkasa mereka.

Amerika menggunakan misi perdamaian untuk menambah pengaruhnya dan meraih dukungan dari negara negara yang mereka bantu supaya bisa melaksanakan kepentingan nasional mereka dinegara negara timur tengah yang kebanyakan adalah negara negara miskin, namun seperti yang kita ketahui adala rata rata negara timur tengah adalah negra negara pengahsil minyak bumi dan uranium. Dan seperti  yang kita ketahui bahwa Amerika sangat memerlukan bahan ini untuk pemasukan kas negara, serta sebagai sumber energi untuk negaranya sendiri. Melalui niat baik yang dibawa oleh Amerika, diharapkan dapat memperlancar urusan mereka dalam melaksanakan kepentingan nasionalnya di negara negara yang mengalami konflik. Walau mereka menawarkan bantuan tapi mereka pasti mengharapkan sesuatu yang lebih banyak daripada bantuan yang mereka berikan kepada negara-negara tersebut.

Amerika mempengaruhi masyarakat dunia untuk membangun image Amerika dimata dunia adalah negara yang baik, penuh empati terhadap permasalahan global, namun diteliti lagi, bahwa pasti ada kepentingan yang bawa oleh Amerika. Dalam Global Citizen, tidak ada perwakilan dari Palestina, karena Amerika sendiri adalah negara yang mendukung Israel yang sedang menjajah Palestina. Hanya negara negara yang bekerja sama dengan Amerika saja yang memberikan video testimonial di Global Citizen Festival

Tindakan yang dilakukan Amerika Serikat sendiri apabila dipandang dari segi realisme merupakan hal yang wajar, karena sifat dasar manusia sendiri adalah selalu mencari kejayaan dan kekuasaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, bisa dicapai dengan mengunakan segala cara salah satunya adalah dengan mengambil hati masyarakat dunia agar Amerika dapat menguasai posisi puncak di dunia ini. Dengan berada diposisi puncak, otomatis mereka dapat menguasai dunia, sehingga segala macam kepentingan nasional Amerika dapat dengan mudah diperoleh tanpa ada rintangan yang berarti. Selain itu juga salah satu tindakan untuk memperoleh dukungan dari negara-negara yang berhasil mereka tarik untuk bekerjasama guna membantu Amerika Serikat untuk berkompetisi dengan rival terbesarnya, Rusia.

No comments:

Post a Comment